Jakarta

Nah…ini diaa niih makanan khas IBUKOTA INDONESIA…. keren kan?? yuk, kita tengok sebentar!😀

1. Kerak Telor

kerak telor

 

Kerak telor adalah makanan asli daerah Jakarta (Betawi), dengan bahan-bahan beras ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) yang disangrai kering ditambah bawang merah goreng, lalu diberi bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butiran, garam dan gula pasir.

2. Roti Buaya

roti-buaya

Kalau biasanya buaya ditakuti atau dibenci, buaya yang satu ini malah dicari – cari dan disukai. Roti ini memiliki arti penting bagi masyarakat Betawi, karena roti buaya adalah simbol di pernikahan Betawi.  Orang Betawi percaya bahwa buaya hanya sekali menikah dalam hidupnya, maka dibuatlah roti berbentuk buaya sebagai tanda kesetiaan. Selain itu banyak pula kepercayaan bahwa buaya juga simbol dari kemampanan ekonomi.

Saat ini, roti buaya bentuknya bervariasi, namun yang biasa digunakan sebagai seserahan adalah yang berukuran 50 cm. Roti buaya ini akan diserahkan oleh calon mempelai laki – laki kepada calon mempelai wanita.

 

3. Kue Ape

kue-ape

Kue ape atau serabi Jakarta merupakan jajanan khas dari Jakarta. Bentuknya menyerupai pancake. Karena bentuknya, orang juga menyebutnya sebagai kue tetek. Kue yang biasa dijajakan di jalan atau di depan sekolah ini dibuat dari tepung terigu yang dicampur dengan susu. Saat ini dijual dengan berbagai variasi warna dan taburan di atasnya (keju atau meses).

4. Soto Betawi

soto-betawi

 

Hampir setiap daerah di Indonesia pasti punya soto, dan Jakarta pun tidak mau ketinggalan. Soto Betawi merupakan olahan daging dan jeroan sapi yang disiram dengan kuah gurih hangat. Kuahnya dibuat dari air kaldu yang berpadu dengan aneka rempah seperti bawang merah dan putih, jahe, daun salam, serai dan cengkeh. Kemudian ditambahkan dengan santan, dan ataupun susu sapi yang membuatnya terasa gurih di lidah. Ada juga yang menambahkan minyak samin agar rasanya lebih enak. Apalagi…kalau ditambah emping, sejenis kerupuk yang bisa menemani anda merasakan sensasi dari Soto Betawi, sip, tinggal cobain deeeh😀

5. Asinan Betawi

Asinan Betawi

 

Asinan adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran dan buah-buahan. Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner  Indonesia. Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam buah atau sayur dalam larutan campuran air dan garam. Asinan sangat mirip dengan rujak , perbedaan utamanya antara lain bahan rujak disajikan segar, sedangkan bahan asinan disajikan dalam keadaan diasinkan atau diacar. Terdapat banyak jenis asinan, akan tetapi yang paling terkenal adalah Asinan Betawi dan Asinan Bogor.

Asinan Betawi adalah asinan sayuran orang Betawi dari Jakarta. Berbagai jenis sayuran yang diasinkan dan diawetkan sepert sawi,kubis, taoge, tahu, selada disajikan dalam bumbu kacang yang dicampur cuka dan cabai, ditaburi kacang goreng dan krupuk (khususnya krupuk mi).

6. Ketoprak

ketoprak

 

Makanan tradisional Betawi ini cukup banyak penggemarnya. Potongan lontong, taburan tauge dan bihun yang dicampur dengan bumbu kacang yang mlekoh cukup mengenyangkan untuk siang ini. Tak sulit untuk menemukan ketoprak, karena hampir di setiap sudut kota Jakarta ada.

Menyebutkan nama ketoprak pasti semua orang mengetahuinya. Makanan tradisional ini cukup mudah ditemukan di Jakarta. Biasanya pedagang yang menjual ketoprak berkeliling dengan menggunakan gerobaknya. Tapi sekarang beberapa rumah makan pun menyediakan ketoprak sebagai salah satu menu mereka.

7. Gado-Gado

Gado-Gado

 

Gado-gado adalah kumpulan sayuran khas Betawi yang disajikan dengan bumbu kacang. Gado-gado berisikan sayuran yang masih segar dengan tambahan lontong sebagai pengganti nasi. Gado-gado mirip sekali dengan pecel khas Jogjakarta.

8. Es Selendang Mayang

es selendang mayang

 

Buat orang betawi asli pasti udah gak asing kan kenal es selendang mayang? Minuman ini emang khas betawi. Gak semua tempat mudah dapetin penjual es ini, kalo kalian mau coba bisa datang ke Museum Jakarta salah satunya sambil berkunjung ke Museum Jakarta yang penuh sejarah.

Sekitar jam 9an kalian udah bisa menikmati es ini bertepatan dengan jam buka museum yaitu jam 09.00. sampai cukup malam kalian masih bisa dapatkan es ini di museum Jakarta. Karena masih banyak pengunjung yang berada di sekitar museum untuk menikmati wisata malam, sekadar mengobrol, ataupun sedang melakukan kegiatan..asyik ya bareng sama temen-temen. cukup bayar Rp5.000 udah bisa menikmati enaknya es ini. Rasanya manis, legit ada rasa gurih dari santan dan manis dari gula arennya. Makin segar dinikmati saat dingin pakai es. Karena biasanya dinikmati pakai es makanya disebutan Es Selendang Mayang. Katanya nih, menurut salah seorang penjual es selendang mayang di Kota Tua menceritakan kalau dulunya masyarakat Betawi menyebut makanan ini sebagai cendol parek. Jauh juga ya perubahan namanya jadi es selendang mayang.

9. Kue Rangi

kue rangi

 

Kue khas Betawi itu kini jarang ditemui. Meski demikian, beberapa resto mulai menawarkan kembali hidangan tersebut. Kue rangi atau biasa disebut sagu rangi terbuat dari tepung kanji dicampur dengan kelapa yang diparut kasar. Dahulu, orang memanggang kue rangi dengan memanfaatkan api yang berasal dari kayu bakar atau arang. Alhasil, kue tersebut menjadi lebih wangi. Jika ingin mencicipinya, Anda juga dapat membuatnya sendiri.

Bahan-bahannya adalah kelapa setengah tua, ampas kelapa, tepung sagu aren, garam, dan gula merah. Cara membuatnya, campur kelapa parut, ampas kelapa, tepung sagu, dan garam. Aduk hingga rata. Panaskan wajan, taruh 1-2 sendok makan adonan. Ratakan hingga tipis. Lalu masak sampai kering dan matang. Setelah itu, taburi permukaannya dengan gula merah, lipat dua, dan angkat jika sudah garing.

10. Kue Akar Kelapa

kue akar kelapa

 

Pernah mendengar kue akar kelapa? Kue tradisional khas masyarakat Betawi di Bekasi ini biasanya ditemukan saat Idul Fitri atau Lebaran. Makanan ini menjadi salah satu hidangan wajib disuguhkan saat hari raya itu.
Sebagian orang Bekasi menyebutnya kue Procot. Dinamakan kue akar kelapa, karena bentuknya mirip akar kelapa. Sedangkan disebut kue Procot, karena saat digoreng adonannya diprocotkan atau dikeluarkan secara perlahan menggunakan tabung yang sudah dilubangi bagian ujungnya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s