Sumatera Utara

Kali ini, giliran Sumatera Utara nih…yuk, kita liat kulinernya!😀

1. Arsik

arsik

 

Arsik merupakan salah satu makanan khas SumUt yang terkenal. Makanan ini merupakan ikan mas bumbu kuning. Bumbu arsik sangat khas, mengandung beberapa komponen yang khas di Sumatera Utara, seperti andaliman dan asam cikala (buah kecombrang). Bumbu-bumbu itu dilumuri terlebih dahulu di badan ikan selama beberapa saat, ikan kemudian dimasak dengan sedikit minyak dan api kecil hingga agak mengering.

2. Bika Ambon

bika-ambon

 

Bika Ambon, merupakan kue tradisional kota Medan, Sumatera Utara. Terbuat dari telur, gula, dan santan. Bika Ambon umumnya dijual dengan rasa pandan, meskipun sekarang ada bermacam-macam rasa seperti keju, cokelat ataupun kacang. 

3. Lappet

Lappet

 

Lappet merupakan snack traditional orang Batak, Sumatera Utara. Lappet terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah / aren. Lappet biasanya dibentuk menyerupai limas dan dibungkus dengan daun pisang. Siborongborong, adalah salah satu kota di Sumatera Utara yang memproduksi lappet dengan rasa yang khas sekali.

4. Lemang

lemang

 

Lemang merupakan makanan khas Sumatera Utara yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam seruas bambu, setelah sebelumnya digulung dengan selembar daun pisang. Kemudian , guluagan lemang ini dibakar sampai matang. Cara memakan Lemang sangat bervariasi, ada yang menggunakan cara manis, yaitu dengan srikaya atau gula aren; ada yang menggunakan cara asin yaitu dengan rendang, telur, dan lauk pauk lainnya; ada yang memakannya dengan buah-buahan. Salah satu kota yang memproduksi Lemang yang sangat enak adalah daerah Pakkat-Humbang Hasundutan.

5. Sayur Ubi Daun Tumbuk

daun ubi

 

Sayur yang satu ini merupakan ciri khas orang Batak loh, karena cara mengolahnya yang unik! Sayur Ubi ini sebenarnya hanyalah daun singkong yang dimasak dengan santan, yang membedakan hanyalah, daunnya ditumbuk dan ditambahi dengan bunga kecombrang dan ikan teri!

6. Mie Gomak

mie-gomak-medan

 

Mie Gomak? Lucu banget namanya! wkwk tapi..gini” ini merupakan makanan tradisional Sumatera Utara yang gak kalah enak sama spagetti loh! ahaaha gimana tidak? Mie Gomak sebenarnya dibuat dengan mie spagetti TAPI dibuat dengan BUMBU-BUMBU KHAS SUMATERA UTARA sehingga enak bangeett kalau pake saus daging (bolonges) kan biasa bangeett X_X Dalam menyantap Mie Gomak, sebaiknya menggunakan santan dan cabe pedas! wuih, mantap!

7. Roti Ketawa

roti ketawa

 

Hah…Roti Ketawa? Kok serem sih… >_<

Hahaha! Roti Ketawa itu hanya istilah say.. Kenapa dinamakan “Roti Ketawa”? Karena.. roti ini berbentuk bulat, dan ditengah nya terdapat cekungan sehingga terlihat seperti sebuah senyuman/ketawa. Roti ini dibeberapa daerah juga disebut “Onde-onde Ketawa”. Roti ini punya tekstur sedikit keras, dan juga rapuh jika baru saja dimasak. Dipermukaannya ditabur wijen.

8. Bubur Sitohap

bubur sitohap

 

Bubur Sitohap merupakan bubur khas penduduk di sekitar Danau Toba, Sumatera Utara. Bubur ini dibuat dengan beras dan ayam dengan bawang merah, bawan putih, jahe, kemiri, dan andaliman (bumbu khas orang Batak). Bubur ini dinamakan bubur sitohap, karena memakai daun sitohap yang membuat bubur ini beda dengan bubur lainnya. Cara memasak bubur ini sangan unik dan butuh perjuangan loh…😀 Untuk memasak bubur ini diperlukan 5 JAM! HAHA! Kaget kan? saya juga kaget loh😮

9. Kacang Sihobuk

kacang sihobuk

 

Kacang Sihobuk… kesannya seperti kacang biasa bukan? Tetapi, kacang khas Sumatera Utara yang satu ini sangat unik! Kacang ini berbeda dengan kacang-kacang lain yang dijual di swalayan. Kacang ini dimasak bersama-sama dengan kulitnya. Kacang ini rasanya sangat gurih. Cara pembuatannya  juga unik, kacang-kacang pilihan direndam di dalam air selama beberapa jam, kemudian di kering. Setelah kering, di gongseng dengan pasir sehingga suhu panasnya terjaga dan cita rasa kacang tidak berkurang. Kacang Sihobuk ini merupakan kacang bersejarah loh, kalau dilihat dari penamaannya! “Sihobuk” , kata itu berasal dari nama sebuah kampung yang dilanda bencana yang memporakporandakan daerah tersebut, sehingga untuk mengenangnya, warga membuat kacang itu dengan nama tersebut.

10. Ombus-Ombus

Ombus-ombus

 

Ombus-ombus adalah makanan khas Sumatera Utara yang berasal dari daerah Siborongborong. Kue ini terbuat dari tepung beras yang diberi gula di tengahnya dan dibungkus dengan daun pisang. Nama ombus-ombus konon diambil dari tradisi bahwa saat membuat kue itu harus menghembuskan napas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s